Hubungi Kami

Bila Mobil Anda Terendam Banjir.
Banjir adalah musibah bagi siapa saja. Musim penghujan membuat orang yang tinggal di kawasan-kawasan tertentu menjadi lebih waspada karena banjir berpotensi kerugian. Aktifitas ekonomi menjadi terganggu, harta benda terancam rusak karena air. Sebenarnya hujan yang turun adalah rahmat bagi kehidupan, hanya saja perbuatan manusia yang merusak lingkungan menjadikan tanah tidak mampu lagi menampung resapan hujan. Pengalihan fungsi lahan, pembuangan sampah sembarangan, hingga membangun di area aliran sungai berkontribus terjadinya banjir.
Bagi Anda yang tinggal di kawasan yang kerap terkena banjir hendaknya melindungi semua barang berharga yang anda miliki, termasuk mobil. Bila mobil Anda terendam banjir akan menyebabkan semua komponen mobil tak berfungsi. Karena potensi kerusakan yang besar tersebut, cepatlah bertindak saat air mulai berangsur naik. Pindahkan mobil anda ke tempat yang lebih aman.
Berikut Ini, Okka Rent akan mengulas hal penting yang harus dilakukan bila mobil kesayangan Anda terendam banjir.

• Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memutus aliran kelistrikan dengan melepas kabel aki di terminal guna mencegah terjadinya korsleting. Meski mesin kondisi mati, sistem kelistrikan masih menyisakan aliran listrik ke beberapa perangkat elektronik mobil.

• Bila air telah surut, pindahkan mobil dengan cara mendorong. Jangan sesekali menghidupkan mesin, karena bila ada air masuk ke saluran bahan bakar akan menyebabkan mesin bisa jebol.

• Setelah mobil dipindahkan, lakukan pengeringan berbagai komponen. Lepaslah semua kabel kelistrikan kemudian semprot dengan kompresor angin. Bisa juga dengan menggunakan hair dryer. Komponen yang wajib dikeringkan adalah busi, saluran angin, saringan angin, karburator, coil, delco, alternator, dinamo starter, V-Belt, dan rangkaian kabel.

• Kuras oli dan ganti dengan oli yang baru. Setelah oli di mesin telah habis, jangan lupa semprot dengan angin dari kompressor.

• Kuraslah tangki bahan bakar. Bahan bakar yang terkontaminasi air akan merusak komponen mesin dan menyebabkan mobil mogok.

• Keringkan panel lampu, wiper, klakson, door trim, karpet dek, dan jok. Keluarkan karpet dan lepas sarung jok, kemudian cuci dan jemur. Keringkan interior dengan vaccum cleaner.

• Bersihkan piranti sistem pengereman. Bersihkan kanvas rem, piston kapiler dan karet teromol. Gunakan ampelas halus untuk membersihkan

• Setelah semua langkah tersebut Anda jalankan dan tangki sudah terisi bahan bakar, lakukan pemanasan mesin. Panaskan mesin sekitar 15 menit, dan bawalah mobil ke bengkel untuk memastikan ECU (electronic control unit) atau komputer mobil tidak bermasalah Pemeriksaan harus segera dilakukan, karena kalau terlambat, sistem pembakaran dan sebagainya akan kacau.

Demikianlah hal-hal penting yang Anda lakukan bila mobil kesayangan Anda terendam banjir. Tips ini dirasa perlu karena demi keselamatan mobil Anda.
Okka Rent, tidak hanya menyediakan mobil sewaan bagi para pelanggan tapi juga senantiasa menginformasikan hal-hal yang bermanfaat buat pembaca dan pelanggannya.
Sewa mobil Okka Rent Surabaya aman dan terpercaya.

Kategori: artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *