Tutup Iklan
Teknologi

Cara Menghitung Jumlah Huruf Di Word

×

Cara Menghitung Jumlah Huruf Di Word

Sebarkan artikel ini
cara menghitung jumlah huruf di word

Halo, nama saya Imaniawan dan saya adalah seorang penulis profesional. Saya ingin membuat artikel ini untuk membantu Anda yang mungkin kesulitan dalam menghitung jumlah huruf di dokumen Word. Artikel ini akan memberikan cara-cara yang mudah dan cepat untuk menghitung jumlah huruf di Word. Selamat membaca!

Cara Menghitung Jumlah Huruf di Word

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung jumlah huruf di Word. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda coba:

1. Menggunakan fitur “Word Count”

Anda bisa menggunakan fitur “Word Count” yang tersedia di Word. Anda tinggal klik pada ikon “Word Count” di bagian bawah layar. Maka akan muncul dialog box yang menampilkan jumlah kata, karakter tanpa spasi, dan karakter dengan spasi.

2. Menggunakan shortcut keyboard

Anda juga bisa menggunakan shortcut keyboard untuk menghitung jumlah huruf di Word. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + G. Maka akan muncul dialog box yang menampilkan jumlah kata, karakter tanpa spasi, dan karakter dengan spasi.

3. Menggunakan formula di Excel

Jika Anda ingin menghitung jumlah huruf di beberapa dokumen Word sekaligus, Anda bisa menggunakan formula di Excel. Caranya adalah dengan menyalin teks dari dokumen Word ke Excel, lalu menggunakan formula =LEN(A1) untuk menghitung jumlah karakter di sel A1. Anda bisa menyalin formula ini ke semua sel yang ingin dihitung.

4. Menggunakan aplikasi online

Anda juga bisa menggunakan aplikasi online seperti Word Counter atau Character Count Online untuk menghitung jumlah huruf di Word. Caranya adalah dengan menyalin teks dari dokumen Word ke kolom yang disediakan, lalu klik tombol “Count” untuk menghitung jumlah huruf.

FAQ

  • Q: Apakah cara-cara di atas bisa digunakan untuk menghitung jumlah huruf di dokumen PDF?
  • A: Tidak, cara-cara di atas hanya bisa digunakan untuk menghitung jumlah huruf di dokumen Word.
  • Q: Apakah cara-cara di atas bisa digunakan untuk menghitung jumlah huruf di dokumen bahasa lain?
  • A: Ya, cara-cara di atas bisa digunakan untuk menghitung jumlah huruf di dokumen bahasa apapun.
  • Q: Apakah cara-cara di atas bisa digunakan di semua versi Word?
  • A: Ya, cara-cara di atas bisa digunakan di semua versi Word.
  • Q: Apakah aplikasi online yang disebutkan di atas gratis?
  • A: Ya, kedua aplikasi online yang disebutkan di atas gratis.
  • Q: Apakah ada batasan jumlah karakter yang bisa dihitung menggunakan cara-cara di atas?
  • A: Tidak, tidak ada batasan jumlah karakter yang bisa dihitung menggunakan cara-cara di atas.

Pros

Menghitung jumlah huruf di Word bisa membantu Anda untuk mengetahui panjang dokumen, mengetahui jumlah karakter yang digunakan, dan mengecek kesalahan pengetikan.

Tips

Jika Anda ingin menghitung jumlah huruf di dokumen Word secara otomatis setiap kali Anda mengetik, Anda bisa mengaktifkan fitur “Live Word Count” di Word. Caranya adalah dengan klik kanan pada status bar di bagian bawah layar, lalu pilih “Word Count”.

Summary

Jadi, itulah beberapa cara mudah untuk menghitung jumlah huruf di Word. Anda bisa menggunakan fitur “Word Count”, shortcut keyboard, formula di Excel, atau aplikasi online. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!