Pendidikan

Contoh Soal Kaidah Kebahasaan Teks Berita

×

Contoh Soal Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Sebarkan artikel ini
contoh soal kaidah kebahasaan teks berita

Halo, nama saya Imaniawan. Saya adalah seorang penulis profesional yang ingin berbagi informasi tentang kaidah kebahasaan teks berita. Kaidah kebahasaan sangat penting dalam dunia jurnalistik karena itu adalah dasar dari sebuah tulisan berita yang baik. Dalam artikel ini, saya akan memberikan contoh soal kaidah kebahasaan teks berita yang dapat membantu pembaca meningkatkan kemampuan menulis berita mereka.

Contoh Soal Kaidah Kebahasaan Teks Berita

1. Benar atau salah: “Presiden mengecam tindakan terorisme yang terjadi di negara tersebut.”

Jawaban: Benar. Dalam kalimat tersebut, penggunaan kata “mencam” untuk mengekspresikan ketidaksetujuan atau penolakan terhadap tindakan terorisme adalah tepat.

2. Benar atau salah: “Penumpang yang mengalami keterlambatan harus membayar biaya tambahan.”

Jawaban: Salah. Kalimat tersebut tidak etis dalam menyampaikan informasi karena menyalahkan penumpang atas keterlambatan, padahal keterlambatan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca buruk atau masalah teknis. Seharusnya, maskapai harus bertanggung jawab atas keterlambatan dan memberikan penumpang kompensasi yang layak.

3. Benar atau salah: “Menurut sumber terpercaya, pelaku penyerangan telah ditangkap.”

Jawaban: Benar. Dalam kalimat tersebut, penggunaan kata “terpercaya” menunjukkan bahwa sumber informasi yang digunakan dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

4. Benar atau salah: “Pemerintah telah menyetujui rencana pembangunan jalan tol yang akan membahayakan lingkungan.”

Jawaban: Salah. Kalimat tersebut tidak etis dalam menyampaikan informasi karena menyatakan bahwa pemerintah sengaja merusak lingkungan, padahal pembangunan jalan tol dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Seharusnya, kalimat tersebut harus menyampaikan informasi secara netral dan tidak memihak pada satu pihak.

5. Benar atau salah: “Pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 50.000.”

Jawaban: Benar. Dalam kalimat tersebut, penggunaan kata “wajib” menunjukkan bahwa pengunjung harus membayar tiket masuk jika ingin memasuki tempat tersebut.

6. Benar atau salah: “Kegiatan sosial tersebut dibatalkan karena cuaca yang kurang mendukung.”

Jawaban: Benar. Dalam kalimat tersebut, penggunaan kata “dibatalkan” menunjukkan bahwa kegiatan sosial tersebut tidak akan dilaksanakan karena faktor cuaca yang kurang mendukung.

7. Benar atau salah: “Penggunaan plastik sekali pakai dilarang di seluruh kota.”

Jawaban: Benar. Dalam kalimat tersebut, penggunaan kata “dilarang” menunjukkan bahwa penggunaan plastik sekali pakai tidak diperbolehkan di seluruh kota.

8. Benar atau salah: “Penduduk setempat merasa kesal dengan kebijakan pemerintah yang tidak mempertimbangkan kepentingan mereka.”

Jawaban: Benar. Dalam kalimat tersebut, penggunaan kata “kesal” menunjukkan bahwa penduduk setempat merasa marah atau tidak puas dengan kebijakan pemerintah yang dianggap tidak mempertimbangkan kepentingan mereka.

FAQ

  • 1. Apa itu kaidah kebahasaan teks berita?
  • Kaidah kebahasaan teks berita adalah aturan-aturan atau norma-norma yang harus diikuti dalam menulis berita agar dapat disampaikan dengan jelas, akurat, dan efektif.

  • 2. Mengapa penting untuk memahami kaidah kebahasaan teks berita?
  • Memahami kaidah kebahasaan teks berita penting karena dapat membantu penulis menulis berita yang baik dan dapat dipercaya oleh pembaca.

  • 3. Bagaimana cara mempelajari kaidah kebahasaan teks berita?
  • Untuk mempelajari kaidah kebahasaan teks berita, sebaiknya membaca banyak contoh berita dari media yang terpercaya dan memerhatikan penggunaan bahasa yang tepat dan efektif.

  • 4. Apa yang harus diperhatikan dalam penggunaan bahasa dalam teks berita?
  • Dalam penggunaan bahasa dalam teks berita, penting untuk memperhatikan kejelasan, keakuratan, dan keobjektifan dalam menyampaikan informasi.

  • 5. Bagaimana cara menulis judul berita yang baik?
  • Judul berita yang baik harus menarik perhatian pembaca, singkat, jelas, dan mengandung inti dari berita tersebut.

  • 6. Apa yang harus diperhatikan dalam penulisan paragraf dalam teks berita?
  • Dalam penulisan paragraf dalam teks berita, perhatikan struktur teks, gunakan kalimat aktif, dan gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

  • 7. Apa yang harus diperhatikan dalam penulisan kutipan dalam teks berita?
  • Dalam penulisan kutipan dalam teks berita, pastikan kutipan tersebut akurat dan relevan dengan topik yang dibahas. Gunakan tanda kutip untuk menandakan bahwa kutipan tersebut berasal dari sumber lain.

  • 8. Apa yang harus diperhatikan dalam penyusunan struktur teks berita?
  • Dalam penyusunan struktur teks berita, gunakan piramida terbalik, yaitu mengutamakan informasi penting pada awal teks dan informasi yang kurang penting pada bagian akhir teks.

Kelebihan

Dengan memahami kaidah kebahasaan teks berita, penulis dapat menulis berita yang lebih baik dan dapat dipercaya oleh pembaca. Selain itu, dengan menggunakan bahasa yang tepat dan efektif, penulis juga dapat mempengaruhi opini dan pandangan pembaca tentang suatu topik yang dibahas dalam berita.

Tips

Untuk meningkatkan kemampuan menulis berita, sebaiknya membaca banyak contoh berita dari media yang terpercaya, memperhatikan penggunaan bahasa yang tepat dan efektif, dan rajin berlatih menulis.

Ringkasan

Dalam artikel ini, kita telah membahas contoh soal kaidah kebahasaan teks berita yang dapat membantu pembaca meningkatkan kemampuan menulis berita mereka. Penting untuk memahami kaidah kebahasaan teks berita agar dapat menulis berita yang baik dan dapat dipercaya oleh pembaca.