Asuransi

Macam Macam Zakat Dan Pengertiannya

×

Macam Macam Zakat Dan Pengertiannya

Sebarkan artikel ini
Macam Macam Zakat Dan Pengertiannya

Macam-macam zakat merupakan bentuk ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Zakat adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu untuk memberikan sebagian harta yang dimilikinya kepada yang berhak menerimanya. Dalam Islam, zakat memiliki banyak macamnya yang masing-masing memiliki aturan dan pengertiannya sendiri. Berikut ini adalah beberapa macam zakat dan pengertiannya.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim pada bulan Ramadan sebagai tanda syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Zakat fitrah berfungsi untuk membersihkan diri dan jiwa dari segala dosa yang dilakukan selama bulan puasa. Besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang ada di daerah masing-masing.

Zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki oleh setiap Muslim yang mencapai nisab (ambang batas kekayaan). Zakat maal diberikan kepada golongan yang berhak menerima zakat seperti fakir miskin, janda, anak yatim, orang yang terlilit hutang, dan lain sebagainya. Besaran zakat maal adalah 2,5% dari jumlah harta yang dimiliki.

Zakat penghasilan adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan atau pendapatan yang diperoleh setiap Muslim dalam satu tahun. Zakat penghasilan diberikan kepada golongan yang berhak menerima zakat seperti fakir miskin, janda, anak yatim, dan lain sebagainya. Besaran zakat penghasilan adalah 2,5% dari jumlah penghasilan yang diperoleh.

Zakat emas dan perak adalah zakat yang dikeluarkan dari harta berupa emas dan perak yang dimiliki oleh setiap Muslim. Besaran zakat emas adalah 2,5% dari jumlah emas yang dimiliki, sedangkan besaran zakat perak adalah 2,5% dari jumlah perak yang dimiliki. Zakat emas dan perak ini bertujuan untuk membersihkan harta dari sifat kikir dan tamak.

Zakat pertanian adalah zakat yang dikeluarkan dari hasil panen tanaman pertanian setiap Muslim. Zakat pertanian biasanya diberikan kepada golongan yang berhak menerima zakat seperti fakir miskin, janda, anak yatim, dan lain sebagainya. Besaran zakat pertanian dapat berbeda-beda tergantung jenis tanaman yang ditanam dan hasil panennya.

Zakat hewan ternak adalah zakat yang dikeluarkan dari hewan ternak yang dimiliki setiap Muslim. Zakat hewan ternak diberikan kepada golongan yang berhak menerima zakat seperti fakir miskin, janda, anak yatim, dan lain sebagainya. Besaran zakat hewan ternak dapat berbeda-beda tergantung jenis hewan ternak yang dimiliki.

Yang sering ditanyakan

1. Apa itu zakat?

Zakat adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu untuk memberikan sebagian harta yang dimilikinya kepada yang berhak menerimanya.

2. Apa saja macam-macam zakat?

Macam-macam zakat antara lain zakat fitrah, zakat maal, zakat penghasilan, zakat emas dan perak, zakat pertanian, dan zakat hewan ternak.

3. Bagaimana cara menghitung besaran zakat?

Besaran zakat ditentukan berdasarkan jenis zakat yang dikeluarkan. Setiap jenis zakat memiliki aturan dan persentase yang berbeda dalam menghitung besarannya. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli zakat atau ulama untuk mengetahui besaran yang tepat.

4. Apa tujuan dari zakat?

Tujuan dari zakat adalah untuk membersihkan harta dari sifat kikir dan tamak, serta membantu golongan yang membutuhkan dalam masyarakat.

5. Siapa yang berhak menerima zakat?

Golongan yang berhak menerima zakat antara lain fakir miskin, janda, anak yatim, orang yang terlilit hutang, dan lain sebagainya.

6. Kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat?

Waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat adalah saat harta mencapai nisab dan telah melewati satu tahun hijriyah.

7. Bagaimana cara mengeluarkan zakat?

Zakat dapat dikeluarkan langsung kepada yang berhak menerimanya atau melalui lembaga zakat yang terpercaya.

8. Apa hukumnya bagi yang tidak mengeluarkan zakat?

Bagi yang tidak mengeluarkan zakat, akan mendapatkan dosa dan penghentian berkah dari harta yang dimiliki.

Kelebihan

Zakat memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  • Membersihkan harta dari sifat kikir dan tamak
  • Mengurangi kesenjangan sosial antara yang kaya dan yang miskin
  • Mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT
  • Membantu golongan yang membutuhkan dalam masyarakat
  • Meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama

Tips

Beberapa tips dalam mengeluarkan zakat, antara lain:

  • Perhatikan aturan dan persentase yang berlaku untuk setiap jenis zakat
  • Perhitungkan dengan seksama jumlah harta yang dimiliki
  • Konsultasikan dengan ahli zakat atau ulama untuk mengetahui besaran yang tepat
  • Pilih lembaga zakat yang terpercaya untuk menyalurkan zakat
  • Lakukan dengan ikhlas dan tulus hati
  • Manfaatkan teknologi untuk memudahkan proses pengeluaran zakat